Tuntunan I'tikaf Lengkap Dalam 4 Madzhab
Dibulan yang penuh pahala ini sangatlah dianjurkan untuk melaksanakan i'tikaf, walaupun i'tikaf hukumnya sunnah namun banyak pahala dan keutamaan jika melaksanakannya. Dan berikut pengertian , panduan serta tuntunan lengkap tentang I'tikaf versi 4 madzhab.
تعريفه: الاعتكاف لغة: اللبث وملازمة الشيء أو الدوام عليه خيراً كان أو شراً. ومنه قوله تعالى: {يعكفون على أصنام لهم} [الأعراف:1 38/ 7] وقوله: { ما هذه التماثيل التي أنتم لها عاكفون} [الأنبياء:53/ 21] وقوله سبحانه: {ولا تباشروهن وأنتم عاكفون في المساجد} [البقرة:18 7/ 2]. وشرعاً له تعاريف متقاربة في المذاهب، قال الحنفية (1) : هو اللبث في المسجد الذي تقام فيه الجماعة، مع الصوم، ونية الاعتكاف، فاللبث ركنه؛ لأنه ينبئ عنه، فكان وجوده به، والصوم في الاعتكاف المنذور والنية من شروطه. ويكون من الرجل في مسجد جماعة: وهو ماله إمام ومؤذن، أديت فيه الصلوات الخمس أو لا، ومن المرأة: في مسجد بيتها: وهو محل عينته للصلاة، ويكره في المسجد، ولا يصح في غير موضع صلاتها من بيتها.وقال المالكية (2) : هو لزوم مسلم مميز مسجداً مباحاً لكل الناس، بصوم، كافاً عن الجماع ومقدماته، يوماً وليلة فأكثر، للعبادة، بنية. فلا يصح من كافر، ولا من غير مميز، ولا في مسجد البيت المحجور عن الناس، ولا بغير صوم، أي صوم كان: فرض أو نفل، من رمضان أو غيره، ويبطل بالجماع ومقدماته ليلاً أو نهاراً، وأقله يوم وليلة ولا حد لأكثره، بقصد العبادة بنية، إذ هو عبادة، وكل عبادة تفتقر للنية.وعبا رة الشافعية (3) : هو اللبث في المسجد من شخص مخصوص بنية.وعبار ة الحنابلة (4) : هو لزوم المسجد لطاعة الله ، على صفة مخصوصة، من مسلم عاقل ولو مميزاً ، طاهر مما يوجب غسلاً، وأقله ساعة، فلا يصح من كافر ولو مرتداً، ولا من مجنون ولا طفل، لعدم النية، ولا من جنب ونحوه ولو متوضئاً، ولا يكفي العبور، وإنما أقله لحظة.
__________
Pengertian I'tikaf
Secara etimologi artinya berdiam diri, menetap dan menjalani secara istiqomah atas satu perbuatan, baik perbuatan yang baik ataupun buruk, Allah berfirman :“suatu kaum yang i'tikaf(tetap) menyembah berhala” (QS. 7:138).
"Patung-pa tung apakah ini yang kamu i'tikaf(tekun beribadah) kepadanya? “(QS.21:52 )“ (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri`tikaf dalam mesjid” (QS. 2:187)
Sedang penegrtian I’tikaf secara terminolog i :
Hanafiyyah :
ialah berdiam diri didalam mas jid yang dipakai untuk shalat berjamaah dengan disertai pu asa dan niat, maka berdiam diri adalah rukun didalam i’tikaf, tidak ada i’tikaf kecuali tanpanya dan puasa dalam i’tikaf yang dinadzari dan niat adalah syarat-sya ratnya i’tikaf.I’ tikaf bagi pria adalah dimasjid yang digunakan untuk jamaah yakni masjid yang terdapat imam dan muadzinn ya baik dipakai untuk shalat lima waktu atau tidak sedang bagi wanita dalam masjid yang terdapat dirumahnya yakni tempat yang telah ia tentukan dipakai shalat sehari-har i dan tidak sah diselain tempat shalat dalam rumahnya.
Malikiyyah :
Ialah menetapiny a seorang muslim yang telah tamyiz(dewasa) untuk menjalani ibadah dalam masjid yang diperkenan kan untuk setiap orang dengan disertai puasa, mencegah diri dari senggama dan foreplayny a dimasa sehari semalam dan masa lebih banyak, dengan disertai niat. Maka i’tikaf tidak sah dari orang non muslim, belum tamyiz, dalam masjid rumah yang bersifat pribadi, tanpa puasa baik puasa fardhu atau sunah, puasa ramadhan atau lainnya, dan batal akibat senggama serta foreplayny a. Dan minimal waktunya sehari semalam tiada batasan untuk masa paling banyaknya, dengan tujuan beribadah dengan niat karena i’tikaf adalah ibadah dan setiap ibadah butuh terhadap niat.
Syafi’iyya h :
Ialah berdiam diri dalam masjid yang dilakukan oleh seseorang dengan dibarengi niat.
Hanabilah :
Ialah menetapi masjid untuk taat pada Allah dengan bentuk yang tertentu, dilakukan seorang muslim yang berakal meski ia tamyiz, suci dari hal yang mewajibkan mandi dan Paling sedikit masanya adalah sesaat.
Maka tidak sah dilakukan oleh orang non muslim meski orang murtad, orang gila, belum tamyiz, karena tidak adanya niat dari mereka, tidak sah juga dilakukan oleh orang yang sedang junub meskipun ia berwudhu, tidak cukup hanya dengan melewati masjid dan masa paling pendeknya sekejap mata.
Waktu Pelaksanaan I'tikaf
I’tikaf boleh dikerjakan disetiap waktu baik dibulan ramadhan atau lainnya, sedang masa paling pendeknya adalah :
- Hanafiyyah : Bila i’tikaf sunah maka masa paling pendeknya adalah masa yang amat sedikit yang tidak dibatasi.
- Malikiyyah : Sehari semalam dan yang lebih baik tidak kurang dari 10 hari dengan disertai puasa ramadhan atau lainnya maka tidak sah dilakukan oleh orang yang tidak berpuasa meskipun karena udzur “Orang yang tidak kuat berpuasa tiada i’tikaf baginya”
- Syafi’iyya h : Menurut pendapat yang paling shahih dikalangan syafi’iyah disyaratka n dalam i’tikaf dalam waktu yang disebut berdiam diri, dalam arti masanya melebihi kadar masa thuma’nina h seseorang dikala menjalani ruku’ dan selainnya maka tidak cukup hanya dalam waktu sekedar thuma’nina h, tidak harus diam boleh dengan mondar-man dir.
- Hanabilah : Sesaat artinya waktu yang bila dikerjakan maka disebut berdiam diri meskipun sekejap mata.
Dengan demikian mayoritas ulama menyatakan cukupnya i’tikaf dalam masa sesaat sedangkan kalangan malikiyyah mensyaratk an minimalnya sehari semalam.
Sumber: Al-Fiqh al-Islaam III/ 123-124
Waallaahu A'lamu Bis shawaab.
Comments
Post a Comment